MUSLIMAT

MUSLIMAT
                                                       MUSLIMAT

SUSUNAN PENGURUS
PIMPINAN RANTING MUSLIMAT NU
DESA CIHARASHAS PERIODE 2017-2022

PELINDUNG : KEPALA DESA CIHARASHAS
PENASEHAT : MUI DESA CIHARASHAS
KETUA : SITI MARIAM
WAKIL KETUA : AHEN DARYATI
SEKRETARIS : ENTIN ROSTINI
BENDAHARA : Hj.ELAH NURLAELAWATI

Bidang – Bidang :
1.Organisasi dan Keanggotaan : NENI ROHAENI
2.Pendidikan dan Kaderisasi : NENI
3.Sosial,Kependudukan dan Lingkungan Hidup : AI SUMARNA
4.Kesehatan : IMAS SOPIAH
5.Dakwah : WIWI
6.Ekonomi,Koperasi dan Agrobisnis : SITI MAESAROH
7.Tenaga Kerja : ROHAYATI

Salah satu organisasi keagamaan terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU) yang lahir pada tanggal 31 Januari 1926 merupakan organisasi yang pada mulanya hanya beranggotakan kaum laki-laki. Melihat fenomena ini Ny. Djunaisih sebagai perintis organisasi Muslimat NU memiliki gagasan bahwa, “Dalam agama Islam tidak hanya laki-laki saja yang harus dididik berkenaan dengan ilmu agama melainkan perempuan juga harus dan wajib mendapat didikan yang selaras dengan tuntutan dan kehendak agama Islam” (Afif 11). Gagasan tersebut disampaikan dalam pidatonya dalam Kongres NU ke-13 di Menes Banten tahun 1938 yang menjadi cikal bakal lahirnya Muslimat NU (Ma’shum dan Ali Zawawi 110). Meskipun gerakan yang diprakarsai ini sarat dengan pengaruh tradisi dan budaya patriarki namun kaum perempuan pada masa itu berhasil bangkit dan menyuarakan pentingnya perempuan berorganisasi dan berperan aktif tidak hanya di wilayah domestik.

Kondisi perempuan dalam tubuh organisasi Nahdlatul Ulama (NU) telah termanifestasi dalam pergerakan perempuan yang diwadahi oleh Muslimat NU. Sepanjang proses kelahiran organisasi ini telah menunjukkan bahwa latar belakang sosial, ekonomi, pendidikan dan politik dalam masyarakat telah memberi pengaruh yang sangat besar terhadap perubahan arah perjuangan kaum perempuan. Apalagi dalam proses mewujudkan badan otonom Muslimat NU dalam organisasi NU tidak semerta-merta hanya terdapat campur tangan kaum perempuan. Namun, peran para kiai yang menunjukkan bahwa keadilan dan kesetaraan gender antara hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan hendaknya memang akan terwujud dengan kerjasama diantara kedua belah pihak baik laki-laki maupun perempuan.

Di Desa Ciharashas terdapat Ranting Muslimat NU yang berdiri semenjak kepemimpinan Kepala Desa Ciharashas ke-6 Bapak Japar Sidik,ST.
Tanggal 4 Oktober 2017 adalah Milad Muslimat NU yang ke-2.Kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Ciharashas (Gedung Serbaguna) Hari Rabu minggu pertama setiap bulannya dan dihadiri kurang lebih 100-150 jamaah perempuan baik warga Desa Ciharashas ataupun luar Desa Ciharashas dan menghadirkan Penceramah yang terdapat di Lingkungan Desa Ciharashas.

Facebook Comments