Desa Ciharashas penerima Penghargaan Sebagai Desa ODF

Keterangan C

 


Mekarsari Pemkab Bandung Barat,Kepala Desa Ciharashas,Bapak Japar Sidik,ST.menerima Penghargaan sebagai Desa ODF (Open Defecation Free) dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-53 Tahun 2017 bersama 60 Desa se-Kabupaten Bandung Barat,ODF adalah Perilaku buang air besar sembarangan (BABS/Open defecation) termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat. BABS/Open defecation adalah suatu tindakan membuang kotoran atau tinja di ladang, hutan, semak – semak, sungai, pantai atau area terbuka lainnya dan dibiarkan menyebar mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air.Karakteristik Desa ODF (Open Defecation Free).
Satu komunitas/masyarakat dikatakan telah ODF jika :
a.Semua masyarakat telah BAB hanya di jamban dan membuang tinja/kotoran bayi hanya ke jamban.
b.Tidak terlihat tinja manusia di lingkungan sekitar.
c.Tidak ada bau tidak sedap akibat pembuangan tinja/kotoran manusia.
d.Ada peningkatan kualitas jamban yang ada supaya semua menuju jamban sehat.
e.Ada mekanisme monitoring peningkatan kualitas jamban.
f.Ada penerapan sanksi, peraturan atau upaya lain oleh masyarakat untuk mencegah kejadian BAB di sembarang tempat.
g.Ada mekanisme monitoring umum yang dibuat masyarakat untuk mencapai 100% KK mempunyai jamban sehat.
h.Di sekolah yang terdapat di komunitas tersebut, telah tersedia sarana jamban dan tempat cuci tangan (dengan sabun) yang dapat digunakan murid-
murid pada jam sekolah.
i.Analisa kekuatan kelembagaan di Kabupaten menjadi sangat penting untuk menciptakan kelembagaan dan mekanisme pelaksanaan kegiatan yang efektif dan
efisien sehingga tujuan masyarakat ODF dapat tercapai.
Acara tersebut diselenggarakan bersamaan dengan pelaksanaan upacara HUT Ke-46 Korpri Tahun 2017.Bupati Bandung Barat,H. Abubakar menjadi pembina upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-46 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Lapangan Plaza Mekarsari Kantor Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Rabu (29/11/2017).Dalam kesempatan tersebut para kepala desa yang hadir dan mendapat penghargaan sebagai desa ODF diwajibkan memakai pakaian dinas Kepala Desa.
Penghargaan ODF yang diterima oleh Kepala Desa Ciharashas bersama 60 Kepala Desa lainnya merupakan hasil komitmen Pemerintah Desa dan masyarakat dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan